27 November 2016

November 27, 2016
13
DUNIA DALAM PIKIRAN INTROVERT


Menikamati kesendirian, mengasingkan diri,  terlihat pemalu di depan publik  dia lah seorang Introvert yang di anggap anti sosial, pemalu dan tidakmau tau oleh orang lain
“emang gak sters apa sendirian terus”
“Emang gak bosan di rumah terus”
“ dia sombong tidak mau bergaul dengan  yang lain”
“aku rasa kita gak ada yang cocok untuk berteman denganya”
Itu adalah sebagian perkataan orang lain terhadap seorang introvert, meskipun banyak perkataan  yang di tujukan kepada seorang introvert mereka  hanya menanggapi hal itu dengan tersenyum.
Apa si yang ada dalam pikiran introvert apa mereka tidak bosan dalam kesendirianya?
Itu lah pertanyaan yang akan kita bahas dalam artikel ini,




Seorang Introvert lebih fokus kepada hal yang bersifat psikis daripada fisik. Mereka senang menjelajahi ruang pikirnya, mereka membaca buku, menonton tayangan yang dapat mengasah otak, karena mereka haus dengan segala hal yang berbau informasi. Majalah American Journal of Psychiatry menyatakan bahwa, ada lebih banyak darah yang mengalir di daerah Anterior pada otak bagian depan seorang Introvert. Bagian ini berfungsi sebagai pengolah inti, seperti merencakan sesuatu dan pemecahan masalah. Itulah sebabnya mengapa mereka memiliki kekuatan konsentrasi yang baik, mereka cepat menangkap dan berintelegensi tinggi. Introvert adalah pemikir yang dalam. Mereka mampu melihat suatu hal dari segi manapun, berbeda dengan seorang Ekstrovert yang cenderung berpikir secara momentum saja. Selain itu mereka pandai dalam memilah sesuatu, baik itu hal kecil maupun besar, hal yang berguna maupun tidak. membuat introvert menjadi Unik Jika memang pemikiran Introvert sebaik itu, bagaimana dalam hal berbicara? Apakah mereka dapat  menyampaikan pesan secara detil seperti yang ada di pikirannya?
Dalam sebuah survey di kolom web LiveScience.com, reporter Rachael Rettner menulis bahwa, apabila ada dua orang Ekstrovert dan Introvert yang dihadapkan dengan sebuah pertanyaan, maka Ekstrovert akan menjawab secara Hiperbola, sedangkan Introvert menjawab dengan Akurat. Apabila mereka melihat seekor ulat di atas makanannya, maka seorang Ekstrovert akan bereaksi melebih-lebihkan daripada seorang Introvert. Apabila dua orang Ekstrovert dan Introvert dihidangkan sebuah makan siang dalam waktu yang bersamaan, maka seorang Ekstrovert akan berkata, "Makanan ini enak sekali! Belum pernah saya merasakan yang seenak ini" lalu seorang Introvert akan menjawab, "Iya, enak."
    Dari segi pemahaman dan informasi pendapat mereka berdua jelas berbeda. Itulah sebabnya mengapa kepribadian Ekstrovert dianggap sebagai perusak survey atau membuat sebuah survey menjadi tidak akurat. Karena Ekstrovert memberikan informasi secara berlebihan, sehingga pencatat survey lebih mempercayakan seorang Introvert dalam hal pendataan, ucap Donna McMillan seorang peneliti sekaligus ahli psikologi di St. Olaf College
Di dunia seni, Introvert adalah penguasa. Ahli psikologi sekelas Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist mengatakan bahwa, orang-orang Introvert adalah orang dengan kreatifitas berkelas nomor satu. Faktor ini terjadi karena mereka dapat menyelam penuh ke dalam pemikirannya. Membaur bersama intuisi dan ketenangan yang bersinergi dengan sunyi. Itulah syaratnya agar dapat menciptakan sebuah Adikarya. Biasanya seorang Introvert gemar menulis. Karena dalam menulis mereka dapat lebih terbuka dalam mempresentasikan pikiran ataupun membagikan pengalamannya kepada orang lain.

Baca artikel Lainya mengenai Introvert Disini

Bergabung bersama Kami di 




13 comments:

  1. ane pun juga introvert tapi gabegitu pendiem banget sih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah jdi seorang introvert, pikidan ane bener bener indah :D, serasa punya kawan sendiri, dunia saya sendiri

      Delete
  2. That's right. Itu yang gw pikirin sebagai introvert

    ReplyDelete
  3. Thx banget sob artikelnya,sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Jangan pernah minder jadi introvert.saya pun juga seorang introvert
    Dibalik diemnya introvert sebenarnya mereka berfikir,bahwa mereka punya potensi yg cukup hebat dibanding extrovert
    Hidup introvert!!!

    ReplyDelete
  5. nice artikel nya gan, thanks atas infonya dan jangan lupa kunjungi kembali website kami ^^

    ReplyDelete
  6. ada sejuta pemikiran di dalam introvert ... nice info

    ReplyDelete